Cetak Kartu Barcode: Jenis dan Proses Membuatnya

Cetak Kartu Barcode: Jenis dan Proses Membuatnya – ID card atau yang dikenal dengan kartu identitas merupakan kartu yang berisi data personal. Kartu identitas sudah digunakan sejak dulu. Hanya saja tampilannya lebih sederhana dan hanya sekadar kertas dengan identitas singkat dari si pemilik kartu. Dengan perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat, saat ini kartu identitas juga mengalami perubahan sehingga terlihat lebih modern dan juga canggih. Salah satu hal yang membedakan kartu identitas zaman dulu dan sekarang adalah penggunaan barcode pada kartu.

Barcode yang ada pada kartu identitas memuat berbagai informasi penting yang sifatnya personal. Kini kartu identitas yang menggunakan barcode sudah diaplikasikan di berbagai perusahaan, instansi, lembaga, dan juga organisasi. Oleh karena itu, tidak heran jika sekarang penggunaan kartu identitas semacam ini sudah sangat umum. Bahkan di perusahaan besar, kartu identitas seperti ini juga menjadi kartu akses keluar-masuk kantor. 

Jenis Barcode

Terdapat beberapa jenis barcode yang banyak digunakan oleh jasa cetak kartu barcode. Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis barcode tersebut.

  • Barcode satu dimensi atau 1D linear barcode adalah jenis barcode yang mempunyai bentuk sederhana dan hanya terdiri dari berbagai garis lurus dengan ketebalan yang beragam.
  • Barcode dua dimensi atau 2D matrix barcode adalah jenis barcode yang bentuknya seperti kotak persegi empat dan terdiri dari berbagai kotak kecil dengan tampilan tak beraturan.

Kedua jenis barcode tersebut sangat mudah dibedakan karena tampilannya yang berbeda. Meskipun begitu, keduanya mempunyai fungsi yang sama, yakni menyimpann data penting dari sang pemilik.

Proses Membuat Kartu Identitas Barcode

Kini Anda tidak perlu repot-repot membuat kartu identitas karena sudah banyak jasa cetak kartu barcode yang akan membantu Anda. Jasa cetak kartu barcode ini menerima pembuatan segala jenis barcode sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi. Bahkan sudah banyak jasa cetak kartu barcode yang menjadi rujukan berbagai perusahaan. Namun, bagi Anda yang merasa penasaran dengan proses pembuatannya, berikut ini adalah tahap pembuatan kartu identitas barcode.

  1. Buat desain kartu identitas dengan menggunakan format *CDR (Corel Draw), *Ai (Adobe Ilustrator), atau *PSD (Photoshop). Pastikan Anda membuat desain untuk bagian depan dan bagian belakang sekaligus.
  2. Siapkan data-data penting yang dibutuhkan dan harus diinput pada kartu identitas. Data ini sebaiknya disimpan dalam dokumen dengan format Excel.
  3. Jika data sudah siap, maka tinggal dimasukkan ke dalam desain kartu dan kemudian bisa segera dicetak.

Demikian penjelasan tentang jenis dan juga proses pembuatan kartu identitas barcode. Saat ini penggunaan barcode sangat mudah ditemukan dimana saja. Bahkan berbagai produk juga sudah menggunakan barcode agar lebih mudah dikenal dan tidak memakan waktu untuk menginput kode ke dalam komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.