Cetak Kartu Mahasiswa Dengan Teknik Print Sublime dan Print UV

Cetak Kartu Mahasiswa Dengan Teknik Print Sublime dan Print UV – Kartu mahasiswa merupakan identitas yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa saat ia berkuliah di suatu universitas. Kartu ini memiliki beragam kegunaan, terutama kegiatan mahasiswa yang di dalam universitas mereka. Hal inilah yang membuat kartu mahasiswa harus dibuat dan dicetak dengan benar agar hasilnya tidak mudah mengalami kerusakan. Berikut ini ada dua teknik cetak kartu mahasiswa yang menghasilkan hasil yang berkualitas.

Print Sublime

Teknik cetak pertama adalah print sublime yang dalam proses pencetakanya memerlukan dua jenis alat cetak, yaitu mesin printer dan mesin press. Print sublime juga sering disebut dengan istilah transfer printing. Dalam penggunaanya, file akan dicetak ke berbagai macam media menggunakan tinta khusus yang tidak bisa digunakan di mesin cetak yang berbeda. 

Tinta khusus yang dimaksud di atas adalah berupa tinta yang sensitive terhadap panas. Saat berada pada suhu panas, tinta ini akan berubah menjadi gas. Saat file atau gambar yang akan dicetak sudah siap, maka file atau gambar tersebut akan dipress menggunakan alat heatpress.  Proses inilah yang akan mentransfer file tersebut ke transfer paper yang harus disiapkan di bawahnya. Untuk proses cetak kartu mahasiswa, proses yang sama pun dilakukan. 

Keberadaan teknik cetak sublime muncul lebih awal dibanding teknik print UV yang akan dibahas selanjutnya. Adapun kelebihan dan kekurangan jika kita memilih untuk cetak kartu mahasiswa menggunakan cara cetak ini. 

Kelebihan teknik print sublime antara lain teknik ini memiliki warna yang lebih beragam sehingga data dan foto mahasiswa yang dicetak akan terlihat jelas, tinta yang digunakan akan lebih mudah kering karena proses hotpress yang dilakukan, dan juga proses pengerjaan tergolong cepat dan efektif.

Namun, teknik ini juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah walaupun warna yang dihasilkan beragam, jika lapisan yang dipress di kartu terlepas, data dan foto mahasiswa pun akan terlepas juga.

Print UV

Seperti nama teknik cetak ini, print UV menggunakan sinar ultraviolet dan tinta khusus dalam mencetak suatu gambar ke berbagai media seperti akrilik, kertas, kayu bahkan bojek 3D seperti mug dan bola golf. Hal ini dapat terjadi karena tinta yang dicetakan ke media tersebut akan secara langsung mengering saat terkena sinar UV. Pada kartu PVC polos, data dan foto mahasiswa akan tercetak dengan jelas di permukaanya. Hasilnya pun akan terlihat jelas karena tinta akan secara langsung menempel permanen pada permukaan kartu. Berbeda dengan print sublime, teknik print UV tidak memerlukan media lain dalam pengaplikasianya. Yang dibutuhkan hanyalah mesin print, tinta dan sinar UV. Hasil cetak kartu mahasiswa menggunakan teknik UV print memiliki sifat yang lebih anti air dan anti luntur dibandingkan hasil cetakan menggunakn teknik print sublime.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *