Cetak RFID untuk Jenis Kartu Pelajar

Cetak RFID untuk Jenis Kartu Pelajar – Cara kerja dari kartu RFID ini adalah dengan menggunakan gelombang radio ketika melakukan indetifikasi data. Dibutuhkan alat reader khusus dalam sistem kerjanya untuk melihat data di dalam tag RFID tersebut. Contoh cetak RFID yang berupa kartu adalah kartu pelajar yang biasa dipakai oleh anak sekolah atau anak mahasiswa. 

Kegunaan dari sistem identifikasi pada RFID tersebut adalah untuk segala jenis kepentingan misalnya kartu tanda pengenal, kartu pembayaran, ID card dan lain sebagainya. Di dalam kartu RFID tersebut terdapat label atau tag RFID. RFID ini merupakan salah satu teknologi terkini yang berfungsi sebagai alat untuk mengidentifikasi data atau informasi tertentu, dengan memakai gelombang elektromagnetik/radio.

Contoh Pemakaian Kartu RFID

Kebutuhan akan cetak RFID ini sangat beragam dan bisa untuk pembuatan kartu apa saja. Misalnya kartu pelajar yang menggunakan sistem RFID dengan memakai jenis kartu mifare. Kartu pelajar tersebut bisa dipakai untuk kebutuhan absensi siswa, yang dimana cara kerjanya adalah dengan menyamakan data. Baik data yang terdapat pada mesin maupun data yang ada di kartu tersebut.

Kartu pelajar tersebut juga bisa diisi dengan data dari pelajar itu sendiri, yang terdiri dari nama lengkap siswa, nomor identitas, sidik jari pelajar dan sebagainya. Data yang ada di sana bisa diubah juga, apabila ada ketentuan lain. Selain data, bisa juga ditambahkan foto si pelajar dan desain lainnya misalnya logo atau nama sekolah.

Jenis Kartu RFID Selain pada Kartu Pelajar

Ada banyak macam kartu RFID yang bisa digunakan untuk Anda yang akan melakukan cetak RFID. Berikut macam-macam kartunya:

1. Kartu EM

Kartu yang satu ini tidak sama dengan jenis kartu mifare karena sistem di dalamnya, tak dilengkapi dengan memori dalam hal penyimpanan data. Frekuensi kartu pada jenis kartu EM ini berbeda dengan jenis kartu RFID yang lainnya. Sehingga kartu ini bisa dimasuki dengan sistem kontrol, dan cocok untuk digunakan untuk cetak RFID pada kartu keamanan.

2. Kartu Magnetic

Warna dari jenis kartu RFID ini adalah putih polos, baik di bagian belakang maupun bagian depannya. Terdapat magnetic stripe di bagian belakang, yang bentuknya yaitu pita dengan warna hitam berukuran sekitar  85,5×13 mm. cara mencetak kartunya tidak memakai ID printer dan hampir sama dengan cara pencetakan kartu pada bahan kartu blank PVC. Kualitas kartu ini lebih baik dari jenis kartu low coercivity.

3. Kartu PVC

Sama dengan kartu magnetic, kartu RFID yang satu ini juga berwarna putih polos. Kartu ini memiliki ketebalan yang beragam yaitu 10-30 mm, dan berukuran CR80. Kartu yang satu ini bisa dicetak dengan warna yang penuh dengan memakai ID card printer di kedua bagiannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.