Mengetahui Proses Pembuatan Cetak Mug

Mengetahui Proses Pembuatan Cetak Mug – Semakin ke sini, penggemar mug custom semakin meningkat. Hal tersebut dapat diketahui melalui banyaknya permintaan konsumen terhadap jasa cetak mug. Selain itu, menariknya mug karakter juga membuat rasa penasaran banyak orang bermunculan. Kondisi ini membuat banyak orang berusaha mencari tahu atau mencari bagaimana cara melakukan pembuatan mug custom tersebut. Sebab, selain bisa dipraktikkan sendiri, bisa dimanfaatkan juga untuk dijadikan sebagai lading bisnis pribadi. Nah, tidak perlu menunggu lama lagi, untuk mengetahui bagaimana cara atau proses percetakan mug, perhatikan penjalasan di bawah ini.

Mengetahui Proses Pembuatan Cetak Mug

1. Persiapkan Sebuah Mug

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan mug terlebih dahulu. Jika mug yang dibutuhkan merupakan mug custom untuk pesanan konsumen, maka beli dalam jumlah banyak sekalian untuk menghemat biaya.

2. Memberikan Cairan Coating

Coating mug merupakan sebuah proses memberikan cairan keramik dengan cara pencelupan atau dengan cara penyemprotan. Namun, jika tidak ingin repot, bisa juga menggunakan opsi lain seperti membeli mug coating sekaligus sehingga tidak perlu repot-repot melakukan coating.

3. Siapkan Gambar atau Tulisan yang Diedit di Komputer

Selanjutnya, yang harus dilakukan adalah mempersiapkan gambar atau tulisan yang diedit di komputer seunik dan semenarik mungkin. Jika desain yang disiapkan merupakan keinginan konsumen yang ada di hp, maka transfer terlebih dahulu ke komputer kemudian edit sehingga hasilnya tetap sesuai dengan keinginan konsumen.

4. Cetak Gambar Pada Coated Paper

Tindakan cetak gambar pada coated paper dilakukan dengan menggunakan tinta sublime. Dengan demikian, ganti catridge paper pada printer supaya alat dapat digunakan untuk membuat desain cetak mug.

5. Potong Kertas Sesuai Ukuran Mug

Setelah gambar tercetak, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memotong kertas sesuai dengan ukuran mug yang hendak dirubah tampilannya. Pada langkah kali ini, cobalah untuk berhati-hati supaya pemotongan yang dilakukan tidak salah sasaran.

6. Masukkan Mug ke dalam Mesin Press Mug

Setelah ke lima langkah di atas dilakukan, kemudian masukkan mug ke dalam mesin press mug atau lebih dikenal dalam istilah molding. Langkah satu ini merupakan cara inti yang harus dimengerti oleh semua orang yang hendak melakukan cetak mug. Caranya, lakukan dengan menghidupkan mesin terlebih dahulu dan tunggu selama satu menit. Setelah ada suara alarm atau tanda dari alat yang digunakan, kemudian ambil mug menggunakan sarung tangan.

6. Lepas Kertas yang Menempel

Ketika mug dikeluarkan dari mesin percetakan, masih terdapat kertas desain yang menempel sehingga perlu dilepas sebagai tanda finishing pembuatan mug custom. Langkan ini juga menjadi salah satu tanda bahwa pembuatan mug karakter telas selesai. Itulah langkah-langkah yang bisa dilaukan dalam proses cetak mug untuk diri sendiri atau untuk dijual ke konsumen. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.